HARI KE-2 BIMTEK PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) BAGI GURU SMK DAN PK-PLK TAHUN 2022
Selasa, 19 Juli 2022
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
Tepat jam 14.00 (Wita)Pemateri kedua Bapak Udding, S.Pd.,M.Pd. membawakan materi Pengembangan Instrumen Penelitian. Bekerja di Widyaiswara Ahi Madya Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Propvinsi Sulawesi Tengah, diruang Aula Hotel Sutan Raja,
Hasil Penelitian valid Vs Instrumen valid
- Hasil Penelitian yang valid 👉 ada kesamaan antara data yang terkumpul dengan data yang sesungguhnya terjadi pada objek yang diteliti
- Instrumen yang valid👉 alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan data itu valid
- Instrumen yang valid menjadi syarat mutlak untuk menghasilkan hasil penelitian yang valid
Instrumen Penelitian
Alat bantu bagi peneliti dalam mengumpulkan data :
- Data kualitatif non angka, sedangkan data kuantitatif berbentuk angka.
- Data Kuantitatif biasanya diperoleh melalui pengukuran, yaitu suatu proses pemberian angka pada subyek, obyek atau trait (ciri/sifat/karakter)lainnya. Oleh karenanya instrumen penelitian dapat pula disebut dengan alat ukur alat ukur ini dapat berupa tes dan nontes.
Kapan kita membutuhkan Instrumen dalam PTK ?
Instrumen dibutuhkan seiring dengan kebutuhan Data.
Pada saat kita identifikasi masalah kita butuh data
Fakta yang diamati
Guru/Peneliti :
1. Siswa kurang berani mengajukan pertanyaan
2. Sebagian besar siswa tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat
3. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan minimum 50%
4. Nilai rata-rata 5,1
5. Metode yang digunakan guru ceramah
6. Sebagian siswa salah konsep
7. Siswa tidak dapat mengerjakan / memecahkan masalah
Identifikasi masalah :
1. Kualitas proses belajar (fakta 1,2)
2. Pemahaman siswa/Kualitas hasil belajar (fakta 3,4,6,7)
3. Metode : kurang menarik
Temuan :
Kualitas proses belajar dan hasil belajar masih rendah
Penyebab Masalah / Analisis:
Metode pembelajaran kurang menarik, media/bahan ajar tidak ada
Langkah-langkah Menyusun Instrumen
- Mengidentifikasi variabel-variabel yang diteliti
- Menjabarkan variabel menjadi dimensi-mensi
Komentar
Posting Komentar