LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Senin, 08 November 2021

Pertemuan Ke-16
Gelombang  : 21
Tema            : LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS
Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd
Moderator    :  Dail Ma'ruf



Setelah minum gelas diletakan,
Jangan lupa bersyukur selalu
Assalamu alaikum aku ucapkan,
Semoga Acara Resume lancar selalu

Detik demi detik telah berlalu, waktunya jari-jemari mengetik lewat keyboard menuangkan isi resume dari Group Belajar Menulis Pertemuan ke-16 Gelombang 21. 

Moderator yang kharismatik malam ini sangat santun dalam menyapa para peserta Group belajar menulis gelombang 21 PGRI. dan memperkenalkan Narasumber untuk membawakan materi.

PROFIL NARASUMBER

Yulius Roma Patendean, S.Pd, Lahir di Salubarani, Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tanah Toraja, 6 Juli 1984. Alumni kelas Belajar Menulis gelombang 20, merupakan narasumber hebat yang akan membersamai Kelas Belajar Menulis kita malam ini. 

Untuk mengenal lebih dekat beliau silahkan klik https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Menurut Prastowo (2011:176-190). Terdapat enam tahap yang harus dilalui dalam menyusun buku teks, yaitu analisis kurikulum, menentukan judul buku, merancang outline buku, mengumpulkan referensi sebagai bahan penulisan, menulis buku dengan memperhatikan penyajian kalimat, dan mengevaluasi atau mengedit hasil tulisan dengan membaca ulang. 
 
Langkah menyusun buku secara sistematis :
- Jika naskah telah siap dalam satu file MS. Word, Pastikan Memberikan Judul Buku. Mengapa ? Karena judul akan membantu untuk mengembangkan, mengurangi atau menambah tulisan.
- Buatkan Prakata, jika memungkinkan siapkan kata pengantar, Sinopsis dan foto yang keren di bagian tentang penulis.

Cara membuat daftar isi ;
Daftar isi bisa dibuat secara otomatis di software Microsoft Word, baik di platform Windows, MacOS, maupun versi web. Caranya sedikit berbeda antar platform.

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word Windows 10
- Pastikan bahwa anda sudah selesai mengerjakan pembuatan dokumen
- Selanjutnya, klik menu "References" dan pilih opsi " Table of contents".
- Pada pilihan yang muncul, klik format "Automatic Table 1 ".
- Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang memuat sub-judul pada setiap halaman beserta keterangan.
- Apabila hendak menambahkan atau memperbaharui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib diperbaharui.
- Caranya, cukup klik "References > Update Table" dan pilih antara opsi "Update page numbers only" atau "Update entire table".
- Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbaharui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul.
- Sedangkan, "Update entire table" memungkinkan anda untuk memperbaharui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.

Cara menulis kutipan :
1. Kalimat kutipan harus diintegrasikan dengan teks
2. Jarak antara baris kutipan adalah dua spasi
3. Kutipan diapit dengan tanda kutip/petik dua ("...")
4. Setelah kutipan, jangan lupa menuliskan sumber berupa nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman di dalam tanda kurung.

Langkah-langkah dalam membuat indeks :
1. Buka dokumen yang akan dibuat indeksnya
2. Tempatkan kursor pada halaman untuk indeks, biasanya pada halaman terakhir
3. Pada References tab, Index grup, klik insert Index
4. Pada Index tab, klik tombol AutoMark.
5. AutoMark Daftar Indeks Otomatis Microsoft Word
6. Cari dokumen keybord. docx
7. Open file concordance

Untuk lebih jelasnya silahkan klik link berikut ini :
https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Langkah-langkah penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku :
1. Nama-nama penulis ditulis paling awal
2.Tahun Terbit. Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi
3. Judul Buku. Tuliskan Judul Buku secara lengkap
4. Kota dan Nama Penerbit

Pertanyaan dan Jawaban

1. Kumpulan resume yg disusun jadi buku ini apakah harus satu jenis tulisan atau boleh bervariasi? maksudnya ada bentuk cerita, esai dan lainnya bercampur atau bagaimana?
Gabungkan saja semua style, Jadikan itu sebagai bumbu racikan untuk naskah bukunya. Mungkin ada Bab yang serius, tiba-tiba muncul Bab narasi, Tentunya jika ibu pertahankan demikian, akan meninggalkan kesan tersendiri bagi pembacanya. Naskah buku mirip kompilasi lagu naskah yang variatif nantinya menghibur.

2. Apakah buku solo yang dibuat oleh peserta pelatih, dari beberapa sumber, peserta boleh memilih salah satu judul, atau semua resume dari pertama dan sampai terakhir di buat buku solo ?
Jika kreatif, boleh pilih satu atau dua materi untuk dikembangkan sendiri. Judul tanyakan ke isi hati, kata apa yang paling mewakili perasaan dan semangat menulisnya. Contoh pada sampul yang saya utak-atik semalam ini. Cover, judul dan sinopsis sudah ada, tapi naskahnya masih nihil. akan tetapi Cover inilah yang akan memotivasi saya menulis. lalu, jika minim waktu mencari ide, kumpulkan saja semua materi dan berikan judul yang sesuai dengan resume yang beraneka ragam tadi, misalnya: Tips Jitu Menulis, Trik Cepat Menerbitkan Buku, Metode Menulis Bersama Pakar, dan lain-lain.

Malam telah larut, alunan musik mengalun sendu mengiringi angin malam yang terus berhembus tak terasa resume telah sampai di penghujung. Terimakasih moderator yang telah memandu acara sehingga berjalan dengan lancar, terimakasih narasumber yang telah menuangkan ilmunya, semoga dapat dipraktekkan dengan baik dan lancar. Menulis, menulis dan menulis, Membaca, membaca dan membaca, Kembangkan terus inyaallah menghasilkan karya.

Bunga Mawar Bunga Melati
Harus mewangi sepanjang masa
Terimakasih resumenya malam ini
Berharap Bunga krisannya

" Beryukur, sabar dan Ikhlas insyaallah hidupmu penuh kesuksesan"
" Berdoa dan Bertawaqal insyaallah hidupmu penuh berkah"

Wassalam
By. Murni G Lembah
SMK Negeri 1 Tolitoli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENERBITKAN BUKU SEMAKIN MUDAH DI PENERBIT INDIE

IDE MENULIS BAGI GURU